Tim Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Unisma Malang Gelar Workshop Corrective Feedback
Tim Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Malang (Unisma)

TIMESINDONESIA, MALANG – Tim Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Malang (Unisma) yang beranggotakan Dr. Dzul Fikri, M.Pd., Dr. Atik Umamah, S.Pd., dan Nuse Aliyah Rahmati, S.Pd., M.A. TESOL menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui program Hibah Institusi Unisma. Kegiatan pengabdian ini berupa Workshop Corrective Feedback (Pemberian Constructive Feedback dalam Pelajaran Menulis dengan Pendekatan Student Centered Learning/SCL). Workshop diselenggarakan pada Sabtu, 24 Mei 2025 di Lab Micro Teaching, FKIP UNISMA.
Kegiatan ini berlangsung dengan antusiasme tinggi dari para guru Bahasa Inggris yang tergabung di MGMP SMA/SMK Kota Malang dan Kota Batu. Acara secara resmi dibuka oleh Dekan FKIP Unisma, Dr. Hamiddin, M.Pd., yang dalam sambutannya menekankan pentingnya inovasi pembelajaran berbasis pendekatan yang berpusat pada siswa guna meningkatkan kualitas pengajaran menulis di sekolah.
INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id
Workshop ini menghadirkan Dr. Dzul Fikri, M.Pd. sebagai narasumber utama yang menyampaikan materi tentang strategi pemberian corrective feedback yang efektif dan membangun dengan memperhatikan well-being siswa. Rangkaian kegiatan meliputi sesi pemaparan materi, diskusi interaktif melalui tanya jawab, serta praktik langsung dalam memberikan corrective feedback terhadap hasil tulisan siswa. Melalui kegiatan ini, para peserta diharapkan mampu mengaplikasikan teknik pemberian umpan balik yang konstruktif dengan memperhatikan well-being siswa yang sesuai dengan prinsip Student Centered Learning untuk mendukung peningkatan keterampilan menulis siswa di kelas.
Selain mendapatkan materi teoritis, para peserta juga berkesempatan untuk mempraktikkan secara langsung teknik-teknik pemberian umpan balik yang sesuai dengan konteks pembelajaran mereka. Dalam sesi praktik ini, para guru secara berpasangan diminta untuk menganalisis serta memberikan feedback terhadap contoh tulisan siswa berdasarkan prinsip-prinsip yang telah dipelajari. Kegiatan ini tidak hanya memperkuat pemahaman mereka tentang corrective feedback, tetapi juga mendorong kolaborasi dan diskusi antar guru dari berbagai sekolah.
Kegiatan ini dirancang untuk memberikan ruang refleksi bagi guru agar lebih peka terhadap kebutuhan emosional dan akademik siswa. Serta, kemampuan memberikan feedback yang tepat sasaran sangat krusial dalam mendukung proses belajar yang berkelanjutan.
Kegiatan workshop ini mendapatkan response positif dari para peserta. Di akhir kegiatan, peserta menyampaikan harapan agar pelatihan serupa dapat diselenggarakan secara berkelanjutan untuk meningkatkan kompetensi profesional guru Bahasa Inggris. (*)
INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id
Apa Reaksi Anda?






