Masifkan Gaya Hidup Halal, Jakarta Halal Market 2025 Panen Apresiasi

LPH LPPOM mengapresiasi upaya sosialisasi masif yang dilakukan oleh BPJPH, salah satunya melalui program Jakarta Halal Market 2025

November 25, 2025 - 09:00
Masifkan Gaya Hidup Halal, Jakarta Halal Market 2025 Panen Apresiasi

JAKARTA Penyelenggaraan Jakarta Halal Market 2025 oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) di kawasan Car Free Day (CFD) Bundaran HI, Minggu (23/11/2025), banjir apresiasi dari berbagai pemangku kepentingan strategis.

Langkah "jemput bola" BPJPH ini dinilai sebagai terobosan efektif dalam membangun kesadaran halal di ruang publik, mendapatkan dukungan penuh mulai dari Lembaga Pemeriksa Halal (LPH), Lembaga Pendamping Proses Produk Halal (LP3H), hingga pelaku industri nasional.

Dukungan strategis pertama datang dari Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika (LPPOM). Corporate Secretary LPPOM, Raafqi Ranasasmita, yang hadir langsung di lokasi, memuji inisiatif BPJPH yang dinilai sukses melakukan sosialisasi secara masif dan tepat sasaran.

"Kami dari LPH LPPOM mengapresiasi upaya sosialisasi masif yang dilakukan oleh BPJPH, salah satunya melalui program Jakarta Halal Market 2025. Kami berharap bahwa kesadaran masyarakat terkait halal akan terus menerus meningkat," ujarnya. 

Ia juga menegaskan komitmen lembaganya sebagai mitra pemerintah, siap mendukung penuh program pemerintah dalam menjamin kehalalan produk bagi masyarakat.

Apresiasi senada disampaikan oleh Lembaga Pendamping Proses Produk Halal Mathla’ul Anwar (LP3HMA). Direktur LP3HMA, Hadi Susilo, menilai tema "Gerakan Cinta Produk Halal" yang diusung sangat relevan dengan semangat warga Jakarta yang gemar berolahraga.

Menurutnya, acara ini berhasil mengedukasi publik bahwa produk halal adalah bagian tak terpisahkan dari gaya hidup sehat (healthy lifestyle).

"Gaya hidup sehat tentu perlu didukung oleh ketersediaan makanan dan minuman halal. Dengan mengonsumsi produk halal, tubuh menjadi lebih sehat, kuat, dan siap menjalani aktivitas sehari-hari. Produk halal adalah produk unggulan yang memenuhi standar kesehatan sekaligus sesuai dengan syariat agama," ungkap pihak LP3HMA.

Sebagai wujud dukungan konkret, LP3HMA turut membuka layanan sertifikasi halal gratis melalui Program Sehati25, melakukan rekrutmen pendamping Proses Produk Halal (PPH), serta memperluas jejaring pasar bagi UMKM binaan mereka di lokasi acara. 

Kehadiran Kepala BPJPH RI, Babe Haikal, juga disebut Hadi Susilo sebagai suntikan moral besar bagi para pendamping halal di lapangan.

Dukungan kuat dari para mitra tersebut bermanifestasi dalam kemeriahan acara yang sukses menyulap kawasan Bundaran HI hingga Jalan Imam Bonjol menjadi panggung edukasi dan hiburan. Ribuan warga Jakarta dikejutkan dengan semaraknya acara yang dimulai sejak pukul 06.00 WIB, diawali dengan senam Zumba massal, games berhadiah, hingga talkshow inspiratif.

Kepala BPJPH RI, Ahmad Haikal Hasan atau Babe Haikal, memanfaatkan momentum ini untuk membakar semangat masyarakat mengenai visi besar Indonesia. 

"Halal hari ini bukan hanya kebutuhan umat muslim saja, tetapi menjadi kebutuhan dunia. Ini simbol kesehatan, kebersihan, kualitas, dan peradaban modern. Halal itu double value. Dan saya tegaskan, Jakarta is the capital of global halal," ujar Babe Haikal disambut riuh tepuk tangan.

Ia menekankan bahwa gelaran ini adalah akselerasi menuju Wajib Halal untuk menempatkan Indonesia sejajar dengan benchmark global. Kemeriahan acara juga didukung oleh kolaborasi sektor swasta dan lembaga strategis. 

Selain bertindak sebagai mitra teknis, LPPOM juga turut berpartisipasi sebagai sponsor yang mendukung penuh kelancaran acara ini. Dukungan tersebut melengkapi kehadiran sejumlah brand raksasa seperti Unilever (Royco dan Sariwangi), Indofood (Indomie dan Popmie), Danone, hingga Chomp Chomp Marshmallow yang konsisten mengedukasi pasar tentang pentingnya camilan halal.

Jantung dari acara ini adalah deretan booth UMK di Area Halal Market yang memanjakan pengunjung dengan produk berkualitas. Mulai dari Wastra Nusantara di booth Galery Shanggie, fesyen muslim dari Zoya dan Safira, hingga inovasi kuliner seperti SAGO MEE, Sagolicious, Pempek Aira, serta aneka camilan dari Famchips Snack, Kentang si Cemplon, dan Pitmonster. (*)

Apa Reaksi Anda?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow