Kao Indonesia Dukung 18 Titik Baru Akses Air Bersih bersama Kao LIHF dan GIB
PT Kao Indonesia bersama Kao Life-in-Harmony Foundation (Kao LIHF) dan PT Gama Inovasi Berdikari (GIB) kembali memperkuat kolaborasi dan komitmen ESG
YOGYAKARTA PT Kao Indonesia bersama Kao Life-in-Harmony Foundation (Kao LIHF) dan PT Gama Inovasi Berdikari (GIB) kembali memperkuat kolaborasi dan komitmen ESG sebagai upaya bersama untuk mendorong terciptanya gaya hidup Kirei untuk masyarakat di Desa Girimulyo, Yogyakarta melalui Program RAIN (Rahmat Allah untuk Indonesia) Harmony 2.0.
Program ini berfokus pada edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) berbasis 5 pilar STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat).
Nah, program tersebut menjadi pelengkap dari perluasan implementasi fasilitas GAMA-Rain Filter (GRF) dengan menghadirkan 18 titik GRF tambahan yang diinisiasi oleh Kao LIHF dan GIB dalam memberikan akses air bersih untuk masyarakat di Desa Girimulyo, Gunungkidul, DIY. Program keberlanjutan tersebut dilakukan pada Rabu (17/12/2025).
Peresmian dihadiri oleh Antonius Hary Sukmono, S.T. selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup Gunungkidul, Sustiwiningsih, S.T.P. selaku Panewu Panggang, Drs. Sunu Raharjo selaku Lurah Girimulyo, Dinas Kesehatan Provinsi DIY, Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul, dan Yumi Takeuchi selaku President Kao Life-in-Harmony Foundation.
Kemudian, turut hadir pula Ridha Nurul Azizah, M.M. selaku Direktur PT Gama Inovasi Berdikari, Arly Diana Putri selaku Associate Senior Manager Corporate Communications PT Kao Indonesia, dr. Novi Andriasari selaku Kepala Puskesmas Panggang II, Kepala Dukuh, serta perwakilan masyarakat Desa Girimulyo, Gunungkidul, DIY.
Program RAIN Harmony dilakukan secara berkelanjutan, dimana sebelumnya pada 2024 telah dilakukan instalasi alat pemanen air hujan GAMA-Rain Filter (GRF) sebanyak 7 titik, sehingga dengan pengembangan dan penambahan 18 titik baru kali ini menjadikan total 25 fasilitas GRF yang diharapkan dapat memberikan manfaat air bersih ke total 1.223 orang, 81 keluarga, dan 21 komunitas.
Tidak hanya instalasi GRF, sinergi multipihak ini juga dilengkapi dengan edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) berbasis 5 pilar STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) yang juga merupakan salah satu program prioritas
Direktorat Kesehatan Lingkungan, Kementerian Kesehatan RI guna mewujudkan masyarakat dan lingkungan yang sehat.
Dr. dr. Then Suyanti, M.M. selaku Direktur Kesehatan Lingkungan, Kementerian Kesehatan RI mengapresiasi kolaborasi semua pihak dalam kegiatan ini.
Upaya penyediaan air dan penguatan PHBS memang harus berjalan beriringan dengan penerapan 5 pilar STBM.
"Dan kolaborasi lintas sektor seperti ini sangat penting untuk mempercepat pencapaian kesehatan masyarakat dan lingkungan yang berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, khususnya di Girimulyo, Yogyakarta, yang secara geografis memiliki tantangan dalam ketersediaan sumber air," ucapnya, Rabu (17/12/2025).
Program RAIN Harmony 2.0 ini merupakan bagian dari komitmen ESG Kao untuk mewujudkan Kirei Lifestyle dimana masyarakat bisa hidup lebih bersih, sehat dengan peace of mind di lingkungan berkelanjutan yang kali ini diwujudkan dengan kontribusi pada penyediaan akses air bersih berkelanjutan.
Program itu berfokus pada daerah dengan karakteristik geografisnya yang didominasi perbukitan karst yang tidak mampu menahan air permukaan secara optimal.
Akibatnya, saat musim kemarau sumur warga mengering dan sumber air menjadi langka, sehingga masyarakat harus mengandalkan bantuan dropping air bersih dari pemerintah ataupun membeli air secara mandiri.
Yumi Takeuchi selaku President Kao Life-in-Harmony Foundation mengatakan, Kao Life-in-Harmony Foundation kali ini kembali memperkuat kolaborasi dengan melakukan penambahan 18 titik GRF, sehingga total ada 25 fasilitas GRF yang diharapkan dapat memberikan manfaat kepada 1.223 orang untuk mendukung sanitasi sehari-hari bersama dengan PT Gama Inovasi Berdikari (GIB).
Hal ini juga semakin lengkap karena dukungan dari Kao Indonesia dalam bentuk edukasi peningkatan kesadaran PHBS di keseharian serta dukungan pihak pemerintah pusat seperti Kementerian Kesehatan sampai Dinas Kesehatan setempat.
"Semoga program ini dapat terus berlanjut dan menjadikan Desa Girimulyo sebagai percontohan untuk Desa Pemanen Air Hujan di masa yang akan datang," kata dia.
Selain peresmian fasilitas GRF, Kao Indonesia bersama dengan Puskesmas Panggang II menyelenggarakan sesi edukasi meliputi Sosialisasi 5 pilar STBM, Praktik Cuci Tangan Pakai Sabun yang tepat sampai donasi produk-produk Kao Indonesia seperti sabun Biore, pembalut Laurier, popok bayi Merries dan detergen Attack untuk mendukung warga mengimplementasikan PHBS di keseharian dengan air bersih yang sudah didapatkan dari instalasi sistem GRF tersebut.
Wisik Restu, Direktur PT Kao Indonesia menyampaikan, kolaborasi lanjutan ini sejalan dengan strategi ESG perusahaan yaitu Kirei Lifestyle Innovation.
"Kami berupaya memberikan nilai tambah kepada masyarakat melalui berbagai upaya yang relevan dengan permasalahan yang dihadapi dan kebutuhan masyarakat Indonesia," ucapnya.
Pihaknya mengaku bangga dapat mengambil peran dalam lanjutan kolaborasi lintas sektor ini yang merupakan wujud kontribusi nyata bersama.
"Kami berharap apa yang dilakukan hari ini menjadi daya dorong masyarakat untuk berperan dalam menjaga dan merawat fasilitas yang sudah diberikan serta menerapkan PHBS di keseharian masyarakat Girimulyo," ungkapnya.
Bawa Inovasi Pengolah Air Hujan
GAMA-Rain Filter (GRF) merupakan inovasi teknologi pengolahan air hujan yang dikembangkan oleh PT GIB yang dimana merupakan partner strategis Kao LIHF dalam program komitmen jangka panjang.
Teknologi ini memiliki keunggulan pada penyaringan, mudah dirawat dan dioperasikan oleh masyarakat, serta mampu menghasilkan air yang bersih dan aman untuk digunakan oleh masyarakat di daerah Gunungkidul yang mengalami keterbatasan sumber air dalam memenuhi kehidupan sehari-hari seperti sanitasi.
Ridha Nurul Azizah, M.M., Direktur PT Gama Inovasi Berdikari, menyampaikan, bagi PT Gama Inovasi Berdikari (GIB), teknologi GRF menjadi pendekatan untuk solusi pengolahan air hujan yang efisien, mudah digunakan serta sesuai kebutuhan.
"Dan tahun ini kami kembali melanjutkan pengembangan program untuk memperkuat pemanfaatan teknologi tersebut di 18 titik tambahan yang didukung oleh Kao LIHF," jelasnya.
Melalui kegiatan ini, Gama Inovasi Berdikari ingin memastikan masyarakat dapat mengakses air bersih dengan mudah untuk kebutuhan sehari-hari sekaligus memahami pentingnya penerapan kebersihan dan sanitasi sebagai bagian dari pemanfaatan air bersih yang optimal.
Sebagai bagian dari komunitas yang merasakan langsung manfaat program ini, Pemerintah Desa Girimulyo juga melihat bahwa keberlanjutan inisiatif menjadi hal penting untuk memperkuat dampak yang sudah terbangun.
Dukungan teknologi untuk mengakses air bersih dan pendampingan edukasi sebelumnya telah memberi perubahan positif bagi warga terutama pemanfaatannya selama musim kemarau yang mengurangi intensitas pembelian air sehingga kehadiran program lanjutan ini disambut dengan antusias.
Hal tersebut juga tercermin dari pernyataan Drs. Sunu Raharjo selaku Lurah Girimulyo yang menyampaikan apresiasinya terhadap kolaborasi ini.
Sebagai pihak yang langsung melihat perubahan di masyarakat, Pemerintah Desa Girimulyo menyampaikan apresiasi atas berlanjutnya kolaborasi ini.
Program sebelumnya telah memberi manfaat nyata, mulai dari tersedianya akses air bersih hingga meningkatnya kesadaran warga akan pentingnya PBHS.
Dengan dilaksanakannya kegiatan hari ini, pemerintah desa berharap dampak positif tersebut dapat semakin mengakar dan menjangkau lebih banyak warga.
Dengan sinergi lintas sektor yang terus diperkuat, diharapkan program RAIN Harmony ini dapat memberikan dampak jangka panjang bagi masyarakat Girimulyo.
Keberlanjutan inisiatif ini tidak hanya mendukung terpenuhinya kebutuhan dasar, tetapi juga mendorong perubahan perilaku sehat yang lebih mandiri dan berkesadaran.
Kolaborasi ini menjadi langkah nyata menuju lingkungan yang lebih bersih, sehat, dan berkelanjutan bagi seluruh masyarakat.
Melalui kolaborasi ini, Kao Indonesia juga kembali menegaskan komitmennya untuk berkontribusi bagi masyarakat dan menghadirkan nilai Kirei Lifestyle dalam kehidupan sehari-hari.
Selama lebih dari 40 tahun, Kao Indonesia terus berupaya menghadirkan inovasi yang tidak hanya bermanfaat, tetapi juga memberikan dampak positif bagi kualitas hidup masyarakat. Diharapkan langkah berkelanjutan ini dapat menjawab tantangan yang terjadi di tengah masyarakat khususnya melalui Program RAIN di Girimulyo.
Perubahan yang berkelanjutan hanya bisa tercipta ketika perusahaan, masyarakat, dan berbagai pemangku kepentingan bergerak bersama.
Melalui kelanjutan kolaborasi program RAIN Harmony ini, Kao berharap nilai Kirei Lifestyle dapat terus diimplementasikan dan memberi manfaat nyata bagi masyarakat, sekaligus memperkuat komitmen untuk menghadirkan kehidupan yang lebih bersih, sehat dan berkelanjutan bagi semua. (*)
Apa Reaksi Anda?