Pascasarjana UNISMA Gelar Pengabdian Masyarakat: Guru MGMP Matematika Didorong Terapkan Deep Learning Berbasis Teknologi
Pascasarjana Universitas Islam Malang (UNISMA) melalui Program Studi Magister Pendidikan Matematika sukses menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan tema “Mengintegrasikan Matematika…

TIMESINDONESIA, MALANG – Pascasarjana Universitas Islam Malang (UNISMA) melalui Program Studi Magister Pendidikan Matematika sukses menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan tema “Mengintegrasikan Matematika dan Teknologi: Pendekatan Deep Learning”.
Acara ini dilaksanakan di Gedung Serba Guna SMA Negeri 3 Kota Malang pada Kamis (19/6/2025) dan dihadiri oleh 24 guru matematika SMA yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika Kota Malang.
Kegiatan ini menghadirkan Dr. Alifiani, M.Pd., dosen Magister Pendidikan Matematika UNISMA, sebagai narasumber utama. Dalam paparannya, beliau menekankan pentingnya penerapan pendekatan deep learning dalam pembelajaran matematika untuk mendorong proses belajar yang lebih bermakna, kontekstual, dan adaptif terhadap perkembangan teknologi.
Menurutnya, pembelajaran matematika abad ke-21 tidak lagi cukup mengandalkan metode hafalan dan prosedur semata, melainkan menuntut guru untuk menghadirkan pengalaman belajar yang mendorong siswa berpikir kritis, kreatif, dan mampu memecahkan masalah kompleks.
“Pendekatan deep learning memberikan ruang bagi guru untuk merancang pembelajaran yang mindful, meaningful, dan joyful. Melalui pemanfaatan teknologi digital, guru dapat membantu siswa memahami konsep matematika secara mendalam sekaligus menghubungkannya dengan situasi nyata dalam kehidupan sehari-hari,” jelas Dr. Alifiani.
INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id
Pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan metode Focus Group Discussion (FGD), memberikan kesempatan bagi para guru untuk aktif berdiskusi, berbagi pengalaman, dan merumuskan strategi pembelajaran berbasis teknologi sesuai dengan kebutuhan sekolah masing-masing. Diskusi berjalan dinamis, ditandai dengan tingginya antusiasme peserta dalam bertanya, mengajukan ide, dan berbagi praktik baik mengenai penerapan deep learning di kelas.
Melalui kegiatan ini, Pascasarjana UNISMA tidak hanya menegaskan komitmennya untuk mendukung peningkatan kompetensi guru, tetapi juga sekaligus memperkenalkan Program Studi Magister Pendidikan Matematika sebagai salah satu pilihan tepat bagi guru yang ingin mengembangkan kompetensi akademik, pedagogik, dan riset. Program ini dirancang secara adaptif dengan kebutuhan pendidik di era digital, dilengkapi kurikulum berbasis riset, teknologi pembelajaran, serta kajian konten matematika yang mendalam.
Bagi para guru anggota MGMP Matematika, melanjutkan studi di Magister Pendidikan Matematika UNISMA menjadi langkah strategis untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan mengembangkan karier sebagai pendidik profesional. Informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran dapat diakses melalui laman resmi pmb.unisma.ac.id
Dengan terselenggaranya kegiatan ini, Pascasarjana UNISMA berharap dapat memperkuat sinergi antara perguruan tinggi dan MGMP dalam menciptakan inovasi pembelajaran matematika yang relevan, kontekstual, dan berbasis teknologi, sekaligus memotivasi para guru untuk terus belajar dan berkembang di era pendidikan abad ke-21. (*)
INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id
Apa Reaksi Anda?






