Pelatihan GeoGebra dari Unisma Malang, Tingkatkan Pemahaman Konsep Persamaan Garis Lurus untuk SMP
Siswa kelas VIII SMP Al-Maahira IIBS Malang mengikuti pelatihan pembelajaran matematika berbasis teknologi menggunakan aplikasi GeoGebra bersama mahasiswa UNISMA, Kamis (6/11/2025).
MALANG Siswa kelas VIII SMP Al-Maahira IIBS Malang mengikuti pelatihan pembelajaran matematika berbasis teknologi menggunakan aplikasi GeoGebra bersama mahasiswa UNISMA, Kamis (6/11/2025).
Kegiatan yang berlangsung di ruang kelas ini berfokus pada materi Persamaan Garis Lurus dan dikemas secara interaktif. Pelatihan GeoGebra ini merupakan bagian dari program pengabdian kepada masyarakat Universitas Islam Malang (UNISMA) yang bertujuan memperkenalkan pemanfaatan teknologi digital dalam pembelajaran matematika.
Melalui kegiatan ini, siswa diajak memahami konsep secara visual sekaligus menumbuhkan minat belajar melalui media digital.
Selama kegiatan, peserta mempraktikkan langsung bagaimana perubahan nilai gradien dan konstanta memengaruhi bentuk garis pada bidang koordinat. Dalam suasana belajar yang santai namun aktif, siswa tampak antusias mencoba berbagai variasi bentuk dan warna garis menggunakan laptop masing-masing.
INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id
Sebagai puncak kegiatan, siswa mengerjakan proyek mini bertema “Roket dan Kastil”, di mana setiap kelompok membuat gambar kreatif dengan menggabungkan beberapa persamaan garis lurus. Karya mereka menampilkan beragam bentuk unik yang menunjukkan pemahaman terhadap konsep matematika secara visual.
“Belajar matematika menggunakan GeoGebra sangat menyenangkan dan lebih mudah dipahami,” ujar salah satu peserta dengan penuh semangat.
Pemateri dari Program Magister Pendidikan Matematika UNISMA menjelaskan bahwa penggunaan aplikasi ini mampu meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar.
“Biasanya siswa cepat jenuh saat hanya mencatat di papan tulis. Hari ini mereka justru aktif mengubah persamaan, melihat hasilnya secara langsung, dan berbagi temuan dengan teman-teman,” ungkapnya.
Melalui kegiatan ini, diharapkan siswa dapat belajar matematika dengan cara yang lebih aktif, visual, dan menyenangkan, sekaligus memperkuat kolaborasi antara dunia akademik dan praktik pendidikan di sekolah. (*)
INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id
Apa Reaksi Anda?