Mahasiswa Universitas Nurul Jadid Dilatih Membuat E-Book Interaktif dalam Pengabdian Magister UNISMA
Mahasiswa semester 5 Prodi Pendidikan Matematika di Universitas Nurul Jadid Probolinggo mendapat pembekalan keterampilan pembuatan e-book interaktif berbasis Canva
MALANG Mahasiswa semester 5 Prodi Pendidikan Matematika di Universitas Nurul Jadid Probolinggo mendapat pembekalan keterampilan pembuatan e-book interaktif berbasis Canva dalam rangka meningkatkan kreativitas dan meningkatkan teknologi pengajaran. Kegiatan pelatihan yang berlangsung luring dan daring, difokuskan pada praktik langsung sehingga peserta diharapkan mampu menghasilkan produk pembelajaran digital yang siap digunakan di kelas.
Kegiatan yang digelar tim pengabdian dari Universitas Islam Malang ini dimulai dengan analisis kebutuhan pada Selasa (23/10/2025), dilaksanakan sesi tatap muka pada Senin (28/10/2025), dilanjutkan secara daring melalui platform Zoom, Kamis (7/11/25), dan ditutup dengan evaluasi pada Minggu (9/11/2025).
Hasil analisis awal menunjukkan sebagian besar mahasiswa sudah mengenal Canva tetapi belum menguasai fitur-fitur lanjutan seperti hyperlink, tombol navigasi, dan penyusunan layout interaktif.
Pelatihan dirancang seperti kelas praktik: setelah pengenalan konsep e-book interaktif, peserta langsung mempraktikkan pengaturan layout, penambahan teks dan gambar, serta integrasi elemen interaktif. Pada sesi daring, fokus difokuskan pada pembuatan tombol navigasi dan penghubungan antarhalaman sehingga e-book menjadi lebih dinamis. Pendampingan juga dilakukan melalui grup WhatsApp dan Telegram untuk memastikan peserta dapat menyelesaikan produknya.
INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id
“Awalnya saya bingung mengatur layout dan memasukkan hyperlink. Tapi setelah dijelaskan tahap demi tahap, ternyata prosesnya mudah dan hasilnya lebih rapi.” Ujar salah satu peserta pelatihan.
Menurut pemateri yakni mahasiswa magister pendidikan matematika Universitas Islam Malang (UNISMA), mayoritas peserta menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan teknis dan kreativitas desain. Penilaian produk menggunakan rubrik sederhana meliputi kerapian desain, kelengkapan isi, kreativitas, dan interaktivitas; mayoritas e-book peserta memenuhi kriteria tersebut dan beberapa menampilkan ide desain yang menarik serta penggunaan hyperlink yang mendukung pembelajaran.
Peserta pelatihan menyatakan manfaat nyata dari kegiatan ini. Banyak dari mereka sebelumnya hanya memakai Canva untuk membuat presentasi sederhana, namun setelah pelatihan mereka merasa lebih percaya diri mengemas materi ajar secara visual dan interaktif. Hambatan yang diidentifikasi sebelum pelatihan seperti keterbatasan ide desain dan pemahaman fitur lanjutan berhasil diminimalkan melalui pendekatan praktik dan pendampingan bertahap.
“Sekarang saya lebih percaya diri membuat media pembelajaran sendiri. Ternyata seru sekali menggabungkan gambar, warna, dan tombol navigasi”. Ujar salah satu peserta pelatihan.
Kegitan diakhiri dengan pengumpulan e-book di tahap evaluasi. Kegiatan ini diharapkan tidak hanya meningkatkan keterampilan teknis calon guru, tetapi juga mendorong lahirnya pendidik yang adaptif dan inovatif dalam menjawab tuntutan pembelajaran abad ke-21. Tim pengabdian menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak Universitas Nurul Jadid Probolinggo, dekan, kepala prodi, dosen pendukung, dan mahasiswa yang berpartisipasi aktif sehingga pelatihan berjalan sukses. (*)
INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id
Apa Reaksi Anda?