Tim PPK Ormawa HIMAKO UNIPMA Sosialisasi Digital Marketing untuk UMKM Dusun Besek, Ngawi

Tim PPK Ormawa HIMAKO UNIPMA 2025 kembali melaksanakan kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui Sosialisasi Digital Marketing untuk UMKM Dusun Besek pada hari Sabtu (6/9/2025).

September 12, 2025 - 12:30
Tim PPK Ormawa HIMAKO UNIPMA Sosialisasi Digital Marketing untuk UMKM Dusun Besek, Ngawi

TIMESINDONESIA, MADIUN – Tim PPK Ormawa HIMAKO UNIPMA 2025 kembali melaksanakan kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui Sosialisasi Digital Marketing untuk UMKM Dusun Besek pada hari Sabtu (6/9/2025). Kegiatan bertempat di Aula Air Terjun Pengantin Dusun Besek, Desa Hargomulyo, Kecamatan Ngrambe, Kabupaten Ngawi.

Kegiatan ini merupakan lanjutan dari program penguatan kapasitas organisasi mahasiswa yang berfokus pada peningkatan daya saing UMKM lokal. Sosialisasi digital marketing ini bertujuan untuk membekali pelaku UMKM dengan pengetahuan dan keterampilan dalam memanfaatkan media digital sebagai sarana promosi dan pemasaran produk.

Acara sosialisasi ini dihadiri Erlinda Ramandha S.Pd., selaku narasumber dan pemateri digital marketing, dosen Prodi Pendidikan Ekonomi, serta para pelaku UMKM yang ada di Dusun Besek, Desa Hargomulyo.

Para peserta antusias mengikuti materi, terutama pada saat mengenalkan media sosial sebagai sarana promosi digital.
Dalam acara ini, semua pelaku UMKM yang ada di Dusun Besek beserta Tim PPK Ormawa HIMAKO belajar mengenai pentingnya digital marketing dalam dunia usaha, terutama di era serba digital. Para peserta diberikan tips dalam memasarkan produk mereka dengan konten-konten promosi yang menarik melalui media sosial yang ada. materi-digital-marketing.jpg

Erlinda Ramandha S.Pd., menyampaikan materi terkait strategi pemasaran online, cara membuat konten promosi yang efektif, hingga pengelolaan media sosial, Selain itu, peserta juga diajak untuk memahami pentingnya membangun citra positif dan menjaga komunikasi dengan konsumen melalui platform digital.

“Di era sekarang, digital marketing adalah kunci dalam berwirausaha.Yang terpenting adalah konsistensi dan kreativitas dalam mempromosikan produk,” ujar Erlinda.

Pelaku UMKM, Musinem, menyampaikan dukungannya terhadap kegiatan ini. Menurutnya, digital marketing sangat relevan dengan perkembangan zaman dan menjadi peluang besar bagi UMKM lokal yang ada di Dusun Besek.

“Kami sadar, pemasaran menjadi tantangan terbesar kami terlebih lagi pada pemanfaatan media sosial. Dengan adanya pelatihan ini, harapannya kita para pelaku UMKM bisa lebih mandiri memasarkan produk dan tidak hanya bergantung pada penjualan offline saja,” ungkap Musinem.

Melalui kegiatan sosialisasi digital marketing ini, besar harapan agar para pelaku UMKM Dusun Besek dapat terus termotivasi untuk mengembangkan usaha mereka melalui pemanfaatan teknologi digital. Dengan pengetahuan yang telah diperoleh tidak hanya menjadi bekal, tetapi dapat diaplikasikan secara berkelanjutan dalam strategi pemasaran sehari-hari. UMKM Dusun Besek diharapkan mampu bersaing lebih luas di pasar digital, memperkuat identitas produk lokal, serta berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian desa secara mandiri dan berkesinambungan. (*)

Apa Reaksi Anda?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow